TABULAMPOT (1)

Tabulampot

Tabulampot. Buah-buahan banyak digemari masyarakat karena rasanya yang bermacam-macam dan kandunganya seperti serat dan vitamin.
Salah satu cara mendapatkan buah adalah dengan menanamnya di pekarangan rumah.  Untuk pekarangan sempit tentu saja punya keterbatasan dalam menanam tanaman buah, begitu juga untuk rumah yang tidak memiliki pekarangan.  Masalah keterbatasan tersebut dapat diatasi dengan menanam tabulampot (tanaman buah dalam pot)
Kini tabulampot bukan hanya sebagai tanaman penghasil buah, tetapi juga merupakan tanaman hias yang dapat memberikan keindahan, bahkan bisa menjadi karya seni yang bernilai tinggi.
Banyak jenis tanaman buah yang dapat dijadikan tabulampot, dalam memilih dan memeliharanya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, yaitu :

1. Agroklimat (tanah dan iklim).
Bila hal ini bisa disesuaikan tanaman bisa menghasilkan buah, tetapi bila hal ini tidak sesuai, tanaman mungkin bisa tumbuh tetapi tidak bisa menghasilkan buah.
Tanah (media tanam) secara umum adalah campuran tanah subur, pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 1 : 1 : 1.  Sebagian tanaman memerlukan media tanam dengan campuran yang salah satu bagiannya lebih banyak.
Tanah yang dipakai adalah tanah subur dengan ciri berwarna hitam gelap, fungsinya untuk tempat tumbuh dan berdiri kokohnya tanaman.
Pupuk kandang yang umum dipakai adalah kotoran sapi.  Pakailah pupuk kandang yang sudah masak, dengan ciri tidak basah, tidak panas dan remah (kalau digenggam hancur).  Fungsi pupuk kandang adalah sebagai sumber makanan bagi tanaman dan sebagai pengikat air, agar media tidak cepat kering.
Pasir yang dipakai adalah pasir sungai dan disaring agar besar butirannya rata.  Fungsi pasir ini untuk mempermudah mengalirnya kelebihan air dalam media tanam dan mengurangi mengerasnya media tanam.  Fungsi pasir ini dapat diganti dengan serbuk gergaji atau sekam padi, tetapi bahan ini cepat lapuk,  kelebihannya bobot yang ringan, memudahkan memindah tabulampot.
Faktor iklim yang mempengaruhi pertumbuhan tanaman adalah suhu, kelembaban, curah hujan dan banyaknya sinar matahari.  Curah hujan dan sinar matahari dapat diatur dengan pemberian naungan dan pengaturan penyiraman.  Suhu dan kelembaban hanya dapat diatur dengan penggunaan rumah kaca, tanpa rumah kaca berarti harus menyesuaikan dengan kedua faktor tersebut.  Suhu dan kelembaban udara sangat tergantung pada ketinggian tempat dari permukaan laut.   Pilihlah tanam yang dapat tumbuh dan berbunga pada iklim yang sesuai dengan daerah kita.

2. Jenis bibit tanaman buah.

Banyak jenis tanaman yang bisa dijadikan tabulampot antara lain anggur, belimbing, jambu biji, jambu air, jeruk (keprok, nipis, manis, purut, siam dan sitrun), durian, kedondong, mangga, rambutan, kelengkeng dan sawo.
Ada dua cara mendapatkan bibit tanaman yaitu generatif (dari biji) dan vegetatif (stek, cangkok, okulasi, sambung, kultur jaringan).  Untuk tabulampot pilihlah bibit berasal dari pembiakan vegetatif karena cepat berbuah dan kualitas buah terjamin.
Ciri dari bibit cangkok biasanya batang pendek tetapi percabangannya banyak.  Ciri dari bibit okulasi adalah adanya bekas luka tempelan dan bekas pangkasan pada batang utamanya.  Ciri dari bibit sambung adalah adanya bekas luka sambungan berbentuk V.

3. Pot.

Pilihlah pot yang ringan agar mudah memindah-mindahkannya, kuat agar tahan lama dan
serasi dengan ukuran serta bentuk tanamannya. Pot harus berlubang di dasarnya agar bisa membuang kelebihan air siraman.  Pot
sebaiknya mempunyai kaki agar terlihat tetesan air buangan untuk mengontrol kelancaran drainase dan mencegah tembusnya akar tanaman langsung ke tanah.

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s