Cara Menanam Cabai Bhut Jolokia / Ghost Pepper

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Untuk menanam Bhut Jolokia / Ghost Pepper bisa dikatakan cukup mudah, asal kita sabar dan telaten. Harus sabar, karena, biji Bhut Jolokia kering (Dry) butuh waktu 4-5 minggu untuk germinasi (Berkecambah). Telaten, karena sebelum menanam bibitnya, medianya harus disterilkan dari serangga, siput dan hama pengganggu lainnya, serta setelah tumbuh media harus kita jaga agar tidak terlalu kering atau basah yang bisa menyebabkan busuk batang pada tanaman. Berikut langkah-langkah yang harus kita lakukan untuk meningkatkan prosentase keberhasilan germinasi biji.

Langkah 1:

Sebelum menanam bijinya,  yang harus dilakukan adalah mempersiapkan media tanam untuk germinasi (perkecambahan). Tahap ini sangat penting karena jika media kita gunakan tidak tepat, maka biji tidak akan mau germinasi bahkan gagal tumbuh. Pertama kita harus mensterilkan media dari serangga/hama pengganggu yang dapat merusak atau memakan biji. Cara sterlisasi paling sederhana adalah menjemur media dengan sinar matahari selama 3-4 hari sampai tanah benar-bernar kering dan serangga/hama pengganggu tersebut mati. Setelah media kering kemudian kita saring/ayak, baru kemudian kita campur semua media sesuai komposisi yang kita inginkan. Berikut komposisi media tanam yang biasa digunakan.

Komposisi media tanam:
Tanah merah : Tanah subur : Pupuk kandang 2 : 1 : 1
Tanah merah : Sekam bakar : Pupuk kandang 2 : 1 : 1
Tanah merah : Sekam bakar : Pasir malang : 2 : 1 : 1
Tanah merah : Sekam mentah : Pupuk kandang 2 : 1 : 1
Sekam bakar : Sekam mentah : Pupuk kandang 1 : 1 : 1

Langkah 2:

Setelah persiapan media siap, langkah berikutnya adalah aplikasi bibit ke media tanam. Pertama basahi media tanam dengan air dengan cara merendam setengah badan pot berisi media kedalam air. Biarkan beberapa saat sampai media menjadi basah. Air yang bagus untuk penyiraman adalah air hujan karena bebas klorin. Hal ini dilakukan agar media tanam tidak rusak dan mencegah kelebihan air serta mengurangi efek klorin jika air yang digunakan adalah air PAM. Buat lubang sedalam 1 cm dan letakkan biji secara mendatar, kemudian tutup dengan tanah.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Langkah 3:

Letakkan pot berisi bibit tersebut ditempat yang agak teduh tapi tetap terkena cahaya matahari. Hal ini untuk mencegah media terkena curahan langsung air hujan dan agar media mendapat suhu hangat yang tepat untuk memulai proses germinasi biji. Proses germinasi untuk biji Cabai Bhut Jolokia / Ghost Pepper kering kira-kira butuh waktu 4-5 minggu. Sedangkan jika biji fresh (segar), hanya butuh waktu 4-7 hari untuk proses germinasi.

Langkah 4:

Setelah bibit tumbuh dan menghasilkan 4-5 daun, baru kemudian bibit Cabai Bhut Jolokia tersebut bisa kita pindah ke tempat penanaman yang lebih besar. Kemudian selanjutnya tinggal kita lakukan perawatan rutin biasa seperti pemberian pupuk dan penanggulangan hama.

PS: Untuk mengambil bijinya, gunakanlah sarung tangan plastik agar tangan tidak terasa panas.

Pos ini dipublikasikan di Cabai Hias dan tag , . Tandai permalink.

Satu Balasan ke Cara Menanam Cabai Bhut Jolokia / Ghost Pepper

  1. lambert berkata:

    Selamat siang.
    Terima kasih sebelum ya telah memberikan penjelasan tentang Cara Menanam Cabai Bhut Jolokia / Ghost Pepper.
    Maaf apabila berkenan ingin mengajukan berapa pertanyaan & untuk informasi juga harap dimaklumkan dikarenakan sy masih awam dengan bercocok tamam.
    1. Bagaimana cara mendapatkan bibit ya
    2. Bagaimana dengan temperatur cuaca tempat harus di tempat dingin/panas & bisakah dengan cuaca kota palembang yg panas
    3. Kalau boleh tau dimana tempat bercocok tanamnya supaya bisa belajar secara langsung
    Terima kasih untuk informasinya & sekiranya pertanyaan sy dapat di jawab.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s